contact
Test Drive Blog
twitter
rss feed
blog entries
log in

Prinsip usability adalah prinsip penggunaan dari sebuah sisitem oleh sisitem lain yang lebih kompleks.

sebenarnya apa hubungannya prinsip usability ini dengan Intraksi Manusia & komputer? Akan coba saya bahas sedikit tentang hal tersebut.

Prinsip usability terbagi atas 6 macam (yang saya ketahui):

1. Human Abilities
2. Human Capabilities
3. Memory
4. Proses
5. Obsevations
6. Problem Solving

Saya akan mencoba memberitahukan lebih luas macam proses usability tersebut:

1. HUMAN ABILITIES

>
Baik
- Kapasitas Long Term memory (LTM) yang tidak terbatas
- Durasi LTM tidak terbatas dan kompleks
- Kemampuan yang memahami yang tinggi
- Mekanisme konsentrasinya poerfull
- Pengenalan power pikir powerfull

>Buruk

- Kapasitas Short Term Memory (STM)
- Durasi STM yang terbatas
- Akses yang tidak dapat di andalkan pada STM
- Proses yang cenderung salah
- Proses yang lambat

2. HUMAN CAPABILITIES

Faktor manusia ini harus diperhatikan, karna dari sinilah desain yang lebih baik di dapat

Hal - hal yang perlu di perhatikan oleh user dalam merancang:
1. panca Indra (mata, telinga, peraba)
2. Proses Informasi
3. Sistem Motor

# Penglihatan
Konsep penglihatan terdiri dari 2 tahap:
- penerimaan stimulus dari luar secara fisik
- pemrosesan serta interpretasi dari stimulus tersebutr

# Pendengaran
- sistem auditory memiliki kapasitas sangat besar untuk mengumpulkan informasi lingkungan sekitar.
- dapat mendengar objek apa saja yang ada di sekitar dan mempoerkirakan kemana objek tersebut akan berpindah

# Perraba
- Manusia menerima stimuli melalui kulit. kulit memiliki 3 jenis sensor penerima:
* Thermocheptor: merespon panas / dingin.
* Nocicheptor: merespon pada tekanan yang intens
* Mechanoceptor :Merespon pada tekanan IMK
-Keyboard bisa dikaitkan dengan posisi bentuk tombol, juga pengoprasian yang memerlukan penekanan, ada yang berat atau malah terlalu ringan.

# Proses Informasi
Proses informasi pada manusia terdiri dari 3 sistem utama:
1. perseptual
- menangani sensor dari luar
- sebagai buffer untuk menampung masukan yang diterima dari indra manusia
- diproses untuk di teruskan ke otak (memory)
2. kognitif: memproses hubungan keduanya
3. seitem motor: memngontrol aksi/respon (pergerakan, kecepatan, kekuatan)

3.
MEMORY
- memory menyimpan pengetahuan faktual dan pengetahuan prosedural

4. OBSERVASI

- orang lebih fokus menyelesaikan masalah, tidak untuk belajar menggunakan suatu sistem secara efektif.
- orang menggunakan perbandingan jika tidak ada penyelesaian.
- orang lebih kepada heuristic dari pada alghoritmic.

5. PROBLEM SOLVING
- setelah menyimpan di LTM, kemudian di aplikasikan
- penalaran (reasoning): proses pemgambilan kesimpulan mengenai sesuatu atau hal baru dengan pengetahuan yang dimiliki manusia.

0

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Di Isi Dengan Komentar Yang Membangun

Yang Mampir

Search

Gunadarma

Tombol ini akan memasukanmu ke tempat Anda


Followers

About Me

Foto saya
Saya seorang Pelajar yang lahir di Jakarta (Betawi asli) dan bertempat tingal di Kuningan Jakarta Selatan

Buku Tamu