contact
Test Drive Blog
twitter
rss feed
blog entries
log in

Web desaign adalah proses merancang halaman web, situs web, Wweb atau aplikasi multimedia untuk Web. Memanfaatkan berbagai disiplin ilmu, seperti animasi,authoring, desain komunikasi, identitas korporat, desain grafis, interaksi manusia-komputer, arsitektur informasi, interaksi desain, pemasaran, fotografi, mesin pencari optimasi dan tipografi. Ada beberapa prinsip yang harus diperhatikan dalam membuat Web Design, diantaranya sebagai berikut ;

  1. Metaphore yaitu suatu penerapan prinsip – prinsip lama untuk digunakan pada suatu prinsip yang baru.
  2. Clarity yaitu suatu prinsip dimana pembuatan web harus mempunyai tujuan/kejelasan untuk apa web tersebut dibuat.
  3. Consistency yaitu dalam pembuatan web, perancang web harus konsisten dengan tema yang diangkat.
  4. Alignment yaitu mengenai kerapihan tulisan yang dibuat pada suatu artikel. Prinsip ini mempunyai peranan penting karena mempengaruhi pembacaan suatu artikel.
  5. Proximity yaitu merupakan kelengkapan dari suatu field.
  6. Contrast yaitu prinsip dimana para pembaca nyaman dalam melihat suatu situs


Ada beberapa situs yang saya jadikan contoh penilaian berdasarkan salah satu prinsip diatas.

1. Worldwidestore

Dilihat dari prinsip pertama ( Metaphore ), situs ini sudah sesuai dengan prinsip Metaphore. Situs ini membahas mengenai penjualan peninggalan-peninggalan benda kuno seperti artefak, perhiasan dan lain-lain. Dan tidak ketinggalan pula, situs ini dilengkapi dengan informasi mengenai benda-benda kuno tersebut. Sehingga para pembaca/pembeli dapat mengetahui tentang benda kuno tersebut.

2. Schwab

Dilihat dari prinsip kedua ( Clarity ), Situs ini jelas berisi mengenai bisnis berbagai macam saham (investasi). Situs bertujuan untuk memberikan informasi bagi sang investor seperti mengenali produk yang diinvestasikan, dan transaksi mengenai produk.

3. Santafean

Dilihat dari prinsip ketiga ( Consistency) , isi dari situs ini menurut saya memenuhi dari prinsip consistency ( Ketetapan) , karena dalam situs ini walaupun memiliki bermacam – macam kategori , namun masih memiliki keterpaduan dalam bidang seni ( ART ) , atau dengan kata lain isi dari situs ini memiliki ketetapan dalam hal seni.

4. Delta

Dilihat dari prinsip keenam ( contrast ) , situs ini dibuat dengan semenarik mungkin dengan penempatan fitur – fitur yang strategis , sehingga fitur – fitur tersebut dapat memudahkan pengunjung situs dalam mencari informasi mengenai pemberangkatan pesawat.




0

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Di Isi Dengan Komentar Yang Membangun

Yang Mampir

Search

Gunadarma

Tombol ini akan memasukanmu ke tempat Anda


Followers

About Me

Foto saya
Saya seorang Pelajar yang lahir di Jakarta (Betawi asli) dan bertempat tingal di Kuningan Jakarta Selatan

Buku Tamu