contact
Test Drive Blog
twitter
rss feed
blog entries
log in

Tinjauan

semua sistem komputer, single-user atau multi-user berinteraksi dengan kelompok kerja dan organisasi dimana sistem tersebut digunakan

memahami komunikasi yang normal antara manusia
*komunikasi face to face meliputi mata, muka dan badan
*percakapan




membahas percakapan berbasis teks di mana:
*umpan balik untuk konfirmasi berkurang
*konteks untuk tidak menduakan ucapan/ungkapan berkurang
*mudah untuk direview

kerja dalam kelompok lebih kompleks dibandingkan dengan kerja perorangan
*dipengaruhi oleh lingkingan fisik
*eksperimen lebih sulit untuk dikontrol dan direkam
*studi lapangan perlu dimasukan dalam situasi sosial

membahas faktor-faktor organisasi yang mempengaruhi sistem sistem groupware.

12.1 komunikasi face to face
bentuk komunikasi yang primitif (dalam hubungannya dengan teknologi). mekanisme komunikasinya paling canggih. yang perlu diingat dari komunikasi ini adalah tidak hanya meliputi percakapan dan pendengaran, tapi juga menggunakan bahasa tubuh atau tatapan mata. ada beberapa fenomena yang mempengaruhi penggunaan computer-mediated communication.

12.2 percakapan
Banyak analisi percakapan difokuskan pada percakapan antara 2 orang, tapi ini berkaitan dengan 'social chat' dan ada beberapa pemahaman sosiologi dan psikologi dari percakapan yang diperlukan.

12.3 Komunikasi berbasis teks
Dalam groupware yang asinkronous, bentuk berkomunikasi langsung yang dominan adalah bebasis teks. komunikasi berbasis teks umum dikenal orang, mereka akan menulis dan menerima surat. tetapi bentuk dari tulisan surat dan komunikasi yang face to face sangat berbeda. komunikasi berbasis teks dalam sistem groupware seperti tiruan dari percakapan, sehingga terdapat beberapa masalah dalam mengadaptasi antara 2 media.
ada 4 tipe komunikasi tekstual dalam groupware:
discrete; pesan langsung seperti dalam email
linear; pesan partisipan ditambahkan pada akhir dari transcrip catatan tunggal
non linear; saat pesan dihubungkan ke yang laennya dalam model hypertext
spatial; di mana pesan di atur dalam permikaan 2 dimensi.

12.4 Kerja kelompok
Perilaku kelompok lebih kompleks terutama apabila kita memperhatikan hubungan sosial yang dinamis selama bekerja dalam kelompok.

12.5 Faktor organisasi
Faktor organisasi cukup berpengaruh terhadap dukungan dan relevansi dari sistem groupware pada khususnya, dan teknologi informasi pada umumnya.



Istilah Computer Supported Cooperative Work (CSCW) pertama kali digunakan oleh Irene Greif dan Paul M. Cashman pada tahun 1984, pada sebuah workshop yang dihadiri oleh mereka yang tertarik dalam menggunakan teknologi untuk memudahkan pekerjaan mereka.. Pada kesempatan yang sama pada tahun 1987, Dr. Charles Findley mempresentasikan konsep collaborative learning-work. Menurut , CSCW mengangkat isu seputar bagaimana aktivitas-aktivitas kolaboratif dan koordinasi didalamnya dapat didukung teknologi komputer. Beberapa orang menyamakan CSCW dengan groupware, namun yang lain mengatakan bahwa groupware merujuk kepada wujud nyata dari sistem berbasis komputer, sedangkan CSCW berfokus pada studi mengenai kakas dan teknik dari groupware itu sendiri, termasuk didalamnya efek yang timbul bail secara psikologi maupun sosial. Definisi yang diajukan mempertegas perbedaan diantara dua konsep ini :



Cscw Matrix

Matriks CSCW

Salah satu bentuk umum konseptualisasi sistem CSCW adalah dengan mengamati konteks dari penggunaan sistem tersebut. Contohnya adalah matriks CSCW, yang diperkenalkan pertama kali pada tahun 1988 oleh Johansen; dan juga muncul pada [4]. Matriks dimaksud membagikonteks sebuah "work" ke dalam dua dimensi yakni waktu dan lokasi. Dimensi waktu dibagi menjadi kolaborasi yang dilakukan pada waktu yang bersamaan (sinkron), atau berbeda (asinkron). Dimensi lokasi dibagi menjadi kolaborasi yang dilakukan pada tempat yang sama, atau tempat yang terdistribusi.



Interaksi Manusia Dan Komputer, Penerbit Gunadarma

0

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Di Isi Dengan Komentar Yang Membangun

Yang Mampir

Search

Gunadarma

Tombol ini akan memasukanmu ke tempat Anda


Followers

About Me

Foto saya
Saya seorang Pelajar yang lahir di Jakarta (Betawi asli) dan bertempat tingal di Kuningan Jakarta Selatan

Buku Tamu